Senin, 29 Oktober 2012

Cara setting Nano Station 2 Sebagai Router


ns2 300x199 Cara setting Nano Station 2 Sebagai Router
Punya Ubiquity Nano Station 2 ? Bingung cara setting ke mode Router? Disini akan saya jelaskan sedikit cara untuk men-setup Nano Station 2 anda sebagai Wireless Router.
Untuk cara pengaturannya sendiri tidak terlalu rumit dan bikin pusing. Namun jika anda belum mengenal produk ini tentu terkadang merasa bingung untuk mengatur mode Wireless Router.Terlebih lagi jika kita belum mengenal jaringan.. Disini akan saya beri panduan anda untuk mengatur Nano Station 2 anda sebagai Wireless Router. Tidak akan saya ulas hingga tuntas tentang Nano Station 2 ini.. Menurut saya pribadi sebenarnya pengaturan Nano Station 2 ini tidak terlalu sulit karna vitur menu nya sudah sederhana.. Untuk firmwarenya sendiri menggunakan firmware AirOS.
Oke langsung saja tidak usah terlalu melebar ke topik lain.. Sekarang saya akan menjelaskan cara untuk mensetting Nano Station 2 aka NS2 anda sebagai Wireless Router. Dan berikut adalah cara-caranya:
  • Masuk ke IP Nano Station 2 anda melalui web browser. Misal:
    ?
    1
    http://192.168.1.20
  • Masukkan Username & Password Nano Station 2 anda. Misal:
    ?
    1
    user: admin password: admin
  • Setting Nano Station 2 anda sebagai Access Point. Caranya:
    ?
    1
    Masuk ke tab Link Setup, Isi SSID dengan Nama Wireless yang anda kehendaki misalnya NanoStation2
  • Klik pada tab Network
  • Ubah Network Mode ke pilihan Router
  • Pada pilihan Disable Network, pilih None.
  • Pada WLAN Network Settings, isikan IP dengan IP address untuk Client yang anda kehendaki. Misal
    ?
    1
    192.168.100.1
  • Netmask isi dengan Netmask yang anda kehendaki. Misal
    ?
    1
    255.255.255.0
  • Pada pilihan Enable Nat, anda check list atau tandai.
  • Enable DHCP Server, anda check list supaya client dapat IP otomatis dari Nano Station 2 kita.
  • Range Start, isi dengan IP untuk client dimulai dari ip berapa. Misal
    ?
    1
    192.168.100.2
  • Range End, isi dengan batas IP untuk client. Misal
    ?
    1
    192.168.100.254
  • Pada tab LAN Network Settings, isi dengan IP yang anda kehendaki & usahakan sekelas dengan IP Network Komputer anda. Misal
    ?
    1
    192.168.1.20
  • Isi Netmask dengan Netmask yang anda kehendaki
    ?
    1
    255.255.255.0 atau 255.255.255.255
  • Gateway IP isi dengan IP Gateway yang anda mau, Misal
    ?
    1
    192.168.1.20
  • Primary dan Secondary DNS silahkan di isi sesuai dengan DNS Provider anda atau DNS Public Provider yang lain. Misal
    ?
    1
    202.73.99.8 atau 8.8.8.8
  • Klik pada tombol CHANGE
Selesai sudah kita mensetting Nano Station 2 kita sebagai Wireless Router. Semoga bermanfaat icon smile Cara setting Nano Station 2 Sebagai Router

3 komentar:

  1. apa perbedaan network mode router dengan bridge? mohon penjelasan, terimakasih.

    BalasHapus
  2. Mas saya pakai first media dan diberi modem wifi, masalahnya sinyal wifi first media tdk sampai di lt atas, saya punya ns2 bisakah dipakai untuk menguatkan sinyal hingga bisa ke lantai atas? Kalo bisa tolong share secara detail tutornya karena saya awam dalam hak ini. Thx.

    BalasHapus
  3. Mas saya pakai first media dan diberi modem wifi, masalahnya sinyal wifi first media tdk sampai di lt atas, saya punya ns2 bisakah dipakai untuk menguatkan sinyal hingga bisa ke lantai atas? Kalo bisa tolong share secara detail tutornya karena saya awam dalam hak ini. Thx.

    BalasHapus